Seperti Apa Kemoterapi Itu?

Korban mengungkapkan kebenaran.

Seperti Apa Kemoterapi Itu?
Seperti Apa Kemoterapi Itu?

Kemoterapi brutal


Anda mendengar tentang kemoterapi — atau kemo — sehubungan dengan kanker, tetapi itu benar-benar berarti penggunaan obat-obatan untuk mengobati penyakit apa pun. Sementara operasi dan terapi radiasi dapat mengangkat, membunuh, atau merusak sel-sel kanker di daerah tertentu, kadang-kadang sel-sel kanker menyebar di luar situs asli. Kemo bekerja di seluruh tubuh, memburu setiap sel kanker jahat yang telah bermetastasis ke bagian tubuh yang jauh dari tumor asli, menurut Canadian Cancer Society . Pada dasarnya, kemo adalah bentuk keracunan yang menargetkan sel-sel yang paling cepat berkembang dalam tubuh; ini biasanya adalah sel kanker, tetapi bagian tubuh lain yang tumbuh cepat juga menderita — rambut, kulit, dan saluran pencernaan.

Tidak setiap kanker membutuhkan perawatan dengan kemo, tetapi banyak yang melakukannya. Dan sementara itu menyelamatkan banyak nyawa, sifat perawatan bumi yang hangus bisa membuatnya sangat melelahkan. Karena kemo bukan hanya satu obat — biasanya merupakan campuran berbagai obat — dan setiap pasien berbeda, pengalaman orang-orang dengan kemoterapi dapat sangat bervariasi. Jadi kami meminta para penderita kanker untuk berbagi hal-hal aneh, menarik, dan mengejutkan yang mereka pelajari tentang kemo.

Saya menjalani kemo saat hamil


“Saya didiagnosis menderita karsinoma saluran pernapasan invasif ketika saya hamil 16 minggu dengan putra kelima saya. Para dokter memutuskan bahwa perawatan tidak bisa menunggu jadi saya menjalani lumpectomy dan enam putaran kemoterapi selama kehamilan saya. Setelah melahirkan, saya menjalani empat putaran kemo lagi, mastektomi bilateral, radiasi 25 sesi, operasi rekonstruksi, histerektomi radikal, dan ayam hutan di pohon pir. Saya bercanda tentang hal itu sekarang tetapi itu menakutkan pada saat itu. Syukurlah bayi kemo saya lahir dengan sehat dan penuh semangat! Hampir kehilangan nyawa saya membantu saya menemukan tujuan: Membantu wanita lain melalui kanker saat hamil. Saya bahkan menulis buku tentang itu, Baby Bump, Cancer Lump . ”

“Salah satu efek samping kemoterapi yang kurang diketahui adalah dapat menyebabkan Anda mengalami menopause sepenuhnya. Karena saya memiliki kemo di usia awal 30-an, tidak ada banyak wanita seusia saya yang bisa berhubungan dengan menopause saya — tetapi ada banyak wanita tua yang melakukannya! Itu selalu membuatku bingung ketika wanita yang lebih tua meminta saya untuk tips tentang hot flash dan melewati perubahan. Bagian yang sulit adalah saya tidak selalu tahu di mana saya cocok sekarang. Saya seorang ibu muda tetapi saya juga pasca-menopause. ”- Stephanie Partridge, 36, Gilbert, Arizona

Kemo membunuh begitu banyak hal baik bersama dengan kanker


“Saya menemukan saya menderita kanker ketika saya mengambil cucu bungsu saya dan merasakan punggung saya patah. Saya segera mengetahui bahwa saya menderita limfoma tulang belakang dan segera dioperasi. Kemudian kemoterapi. Saya segera mengetahui bahwa kemo adalah racun, membunuh segalanya di jalannya — dimulai dengan rambut saya. Mereka mengatakan kepada saya bahwa itu akan rontok dalam waktu seminggu hingga sepuluh hari setelah perawatan pertama saya, tetapi saya tidak ingin hanya menunggu hal itu terjadi sehingga saya pergi dan mencukurnya oleh seorang penata rambut yang berurusan secara ketat dengan pasien kanker. Ini benar-benar bagian terburuk bagi saya; Saya menangis sangat keras sehingga dia ingin memanggil ambulans! Mungkin terdengar sepele bagi beberapa orang — setelah semua, rambut tumbuh kembali — tetapi itu adalah tanda fisik yang jelas tentang apa yang tubuh saya alami. ”

“Dengan setiap perawatan terpisah tiga minggu, tepat ketika saya mulai merasa lebih baik, sudah waktunya untuk perawatan lain dan dengan setiap perawatan, saya semakin lemah. Kemo juga menyebabkan perubahan kulit yang aneh, lendir, dan luka di mulut saya sehingga saya tidak bisa makan. Kemudian dekat dengan perawatan terakhir saya berakhir di rumah sakit dengan nol sel darah putih. Racun kemo membunuh begitu banyak hal baik bersama dengan kanker, tetapi juga berhasil. Saya merasa sangat beruntung menjadi bebas kanker sejak 2016. ”- Sonny DeMarco, 60, Rockford, Illinois

Saya belajar bahwa hidup tidak berhenti hanya karena Anda melakukannya


“Salah satu bagian tersulit bagi saya adalah bahwa walaupun saya menderita kanker payudara, saya masih harus menjalani hidup saya. Saya menjalani kemo setiap dua minggu. Saya akan memilikinya pada hari Rabu, tinggal di rumah Kamis dan Jumat, dan kemudian kembali bekerja pada hari Senin. Anehnya, saya selalu menginginkan hamburger setelah perawatan saya, yang untungnya saya bisa makan karena obat anti-mual yang mereka berikan kepada saya. "- Rose Judkins, 49, Apple Valley, Minnesota

Kehilangan rambut saya lebih dari sekadar rambut


"Tanda pertama bahwa kemo membuat rambut saya rontok adalah kulit kepala saya sakit, seperti ketika Anda memakai rambut Anda di ponytail terlalu lama. Rasa sakitnya menjadi sangat buruk hingga membuat saya sakit kepala. Kemudian rambutku mulai keluar, meninggalkan rambut di belakang di mana pun kepalaku berada. Setiap kali saya menyapukan jari ke rambut saya, gumpalan rambut yang lebih besar keluar. Pada titik inilah saya menyuruh suami saya mencukur rambut saya. Itu sangat emosional bagi saya. Butuh waktu bertahun-tahun untuk menumbuhkan rambut saya sejauh yang saya cintai dan saya merasa seperti kehilangan identitas dan kewanitaan saya. ”

“Aku harus melalui satu putaran kemo paling parah yang bisa kamu dapatkan. Itu benar-benar menghapus sumsum tulang saya. Tetapi dalam prosesnya, itu juga menghapus selera saya. Saya menyadari bahwa saya telah kehilangan semua rasa untuk makanan, dan jika saya bisa merasakan apa pun itu rasanya logam. Butuh berminggu-minggu sebelum saya menikmati makan apa pun lagi. Melewati kemo benar-benar mengubah hubungan saya dengan makanan.

Steroid lebih buruk daripada kemo


“Saya harus melakukan kemoterapi selama enam bulan dan salah satu efek samping yang diketahui dari jenis kemoterapi yang saya miliki adalah penurunan berat badan. Aku mencoba melihat sisi baiknya— hei, bagaimanapun aku harus kehilangan beberapa kilo! Sayangnya, steroid yang mereka berikan kepada saya bersama dengan kemo membuat saya bertambah 30 kilogram. Mereka juga menyebabkan sulit tidur sehingga saya memiliki masalah tertidur dan ketika saya tidur saya memiliki mimpi yang aneh dan jelas. Kemo itu sendiri tidak pernah terasa begitu buruk bagi saya — saya menoleransi dengan sangat baik. Jujur, itu adalah obat lain yang membuatnya sulit. "

“Saya tidak pernah kehilangan semua rambut saya selama kemo tetapi itu sedikit menipis. Setelah saya selesai, rambut saya tumbuh kembali dengan sangat cepat. Bukan hanya lebih tebal dari sebelumnya tetapi cukup lucu, itu juga tumbuh lebih gelap lagi. Saya memiliki beberapa uban sebelum perawatan dan sesudahnya, semuanya hilang. Itu juga tumbuh lebih cepat, sekarang saya harus potong rambut setiap dua minggu. ”- Dennis Legori, 47, Columbus, Georgia

Efek sampingnya hampir terdengar lebih buruk daripada kanker


“Sebelum saya dapat memulai kemo, dokter saya meminta saya untuk menandatangani pembebasan. Itu adalah dokumen setebal 36 halaman yang merinci segala hal yang mungkin salah, termasuk pendarahan otak, masalah jantung, dan pada dasarnya setiap penyakit mengerikan selain kanker. Saya menangis sepanjang hari. Bagaimana saya bisa membuat keputusan itu? ”- Nancy Paleka, 30, Detroit, Michigan

Kemo bukan hanya satu obat


“Mereka dapat menggunakan banyak obat berbeda untuk kemoterapi dan masing-masing memiliki efek sampingnya sendiri. Mereka menempatkan saya di salah satu yang disebut 'setan merah' - dinamai karena hal-hal buruk yang terjadi pada Anda. Tidak hanya membuat Anda kehilangan rambut dan merasa sakit, tetapi jika itu bocor pada kulit Anda, Anda mungkin perlu memiliki pencangkokan kulit karena pada dasarnya memakan Anda hidup-hidup. Dan inilah yang mereka pompakan langsung ke hati saya [melalui pelabuhan] setiap minggu. ”- Jessica Rowley, 35, Nibley, Utah

Saya merasa seperti terkena flu ... berulang kali


"Bagi saya, bagian paling menyakitkan dari perawatan kemo saya adalah memasukkan IV. Setelah itu, rasanya baik-baik saja, seperti itu hanya sekantong saline. Itu tidak membakar nadi saya atau membuat saya langsung merasa sakit seperti beberapa orang. Tetapi tiga hari kemudian saya merasa sakit seperti terkena flu — mual, lemah, sakit tubuh, kelelahan. Itu seperti onset yang tertunda. ”- Camille Austerfield, 26, Minneapolis, Minnesota

Saya kedinginan sepanjang waktu


“Salah satu hal yang paling mengejutkan saya selama kemo adalah betapa dinginnya saya selama infus. Saya belajar untuk selalu membawa selimut hangat dan beberapa sandal. Tidak hanya itu membantu saya merasa lebih hangat tetapi itu menyenangkan untuk memiliki sesuatu yang terasa akrab di ruang steril. Hal aneh lainnya adalah seberapa banyak saya harus buang air kecil sesudahnya! ”- Tracy Olsten, 40, St. Augustine, Florida

Kelelahan menjadi normal baru saya


“Kanker adalah rollercoaster dari emosi dan kemo adalah bagian besar dari itu. Suatu hari saya akan merasa hebat dan hari berikutnya begitu lelah sehingga saya hampir tidak bisa berdiri. Kemudian, tepat ketika energi saya mulai kembali, saya harus mendapatkan perawatan lain. Itu benar-benar membuatku lelah secara fisik dan mental — aku merasa sangat lelah hampir sepanjang waktu. ”

“Aku kehilangan semua rambutku, termasuk bulu mataku, alis, dan semuanya di selatan daguku. Satu 'kegembiraan' tidak perlu khawatir tentang hair removal. Saya tidak pernah harus mencukur kaki saya. Bahkan lebih baik, setelah transplantasi sel induk saya, saya akan memberi tahu orang-orang bahwa saya memiliki lilin bikini Brasil seharga $ 100.000. " -Jess Hodgson, 40, Minneapolis, Minnesota.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seperti Apa Kemoterapi Itu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel